General
Manager atau
yang lebih sering disebut dengan GM merupakan salah satu fungsi dan
jabatan yang ada di setiap perusahaan. General
Manager merupakan fungsi jabatan kerja pada sebuah perusahaan yang
bertugas memimpin, mengelola dan mengkoordinasikan semua hal yang berkaitan
jalannya roda perusahaan.
General
manager merupakan fungsi jabatan kerja tinggi di sebuah perusahaan setelah
President Director atau pimpinan tertinggi dalam struktur
perusahaan. Menjadi seorang GM memang bukan perkara mudah, yaa mungkin
terbilang sangat sangat sulit. Bagaimana tidak, pasalnya untuk bisa menjadi
menempati posisi jabatan GM saja bisa jadi anda harus menorehkan prestasi yang
bisa membuat rekan sekantor dan jajaran petinggi perusahaan angkat topi.
Biasanya
seorang General Manager itu sendiri adalah karyawan yang sangat loyal terhadap
perusahaan, cerdas, inovatif, dan pastinya berkharisma.
Tugas
dan Tanggung Jawab General Manager
Berikut
ini tugas dan tanggung jawab general manager :
- Memimpin
perusahaan dan menjadi motivator bagi karyawannya
- Mengelola
operasional harian perusahaan
- Merencanakan,
melaksanakan, mengkoordinasi, mengawasi dan mengalisis semua aktivitas
bisnis perusahaan
- Mengelola
perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan
- Merencanakan,
mengelola dan mengawasi proses penganggaran di perusahaan
- Merencanakan
dan mengontrol kebijakan perusahaan agar dapat berjalan degan maksimal
- Memastikan
setiap departemen melakukan strategi perusahaan dengan efektif dan optimal
- Mengelola
anggaran keuangan perusahaan
- Memutuskan
dan membuat kebijakan untuk kemajuan perusaahan
- Membuat
prosedur dan standar perusahaan
- Membuat
keputusan penting dalam hal investasi, integrasi, aliansi dan divestasi
- Merencanakan
dan mengeksekusi rencana startegis perusahaan jangka menengah dan jangka
panjang untuk kemajuan perusahaan
- Menghadiri
pertemuan, seminar, konferensi maupun pelatihan
Begitu
banyaknya tugas seorang
general manager, tentu tak lepas dari peranan pentingnya di
dalam sebuah perusahaan tempatnya mempimpin. Jika didiskripsikan kerja general
manager satu per satu pasti lebih banyak dari apa yang sudah kami uraikan di
atas
Kriteria
General Manager
Sudah
kami paparkan deskripsi kerja general manager di atas, nahh untuk menjadi
general manager yang handal dan profesional, berikut ini kriteria atau
syarat-syarat untuk menjadi seorang general manager :
- Memiliki
pengalaman dalam manajemen bisnis, perencanaan dan pengawasan keuangan
- Memiliki
pengalaman dalam manajemen personalia termasuk perekrutan, pengevaluasian
dan administrasinya
- Memiliki
kemampuan yang sudah terbukti dalam bisnis dan manajemen keuangan
- Memiliki
kemampuan untuk bekerja sama dengan semua lapisan dalam perusahaan
- Berperilaku
baik, komunikasi lisan dan tertulis baik serta memiliki keterampilan
interpersonal
- Berjiwa
pemimpin, dapat mengelola dan mengawasi karyawan
- Dapat
memecahkan permasalahan, konflik maupuan situasi krisis dalam perusahaan
dengan cepat dan tepat
- Dapat
melakukan berbagai tugas dan pekerjaan secara cepat dan efektif
- Dapat
bertanggung jawab pada tugas-tugasnya serta dapat menjadi panutan bagi
karyawanya
- Dapat
mengambil keputusan dengan cepat dan tepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar