Sering kita mendengar kata ‘HRD’, namun tahukah kita apa itu ‘HRD’
?? Untuk menambah pengetahuan anda, kali ini kami akan mengulas mengenai HRD.
HRD merupakan kepanjangan dari Human Resource Development. Human Resource
Development jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kurang lebih artinya
adalah pengembangan sumber daya manusia atau jika dalam melamar pastinya sudah
tidak asing lagi. Yaa, HRD kadang juga di sebut bagian Personalia yang tugasnya
memetakan dan menyaring sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Dapat kita
simpulkan bahwa HRD merupakan fungsi kerja dalam suatu perusahaan yang secara
garis besar bertugas dalam pengelolaan dan pengambangan sumber daya manusia. Posisi
HRD merupakan bagian terpenting dalam perusahaan, karena berkaitan erat dengan
sumber daya manusia bagi perusahaan. Sehingga tak jarang HRD mendapatkan
otoritas tinggi dan dominan di manajerial perusahaan dalam mengambil kebijakan
untuk karyawannya namun tentu saja hal tersebut sudah menjadi Job Deskripsi
HRD.
Tugas seorang HRD berhubungan dengan sumber daya manusia, maka seorang HRD harus memahami
tugas dan tanggung jawabnya. Berikut ini tugas dan tanggung jawab HRD :
- Bertanggung jawab mengelola dan
mengembangkan sumber daya manusia. Dalam hal ini termasuk perencanaan,
pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan pengembangan kualitas
sumber daya manusia.
- Membuat sistem HR yang efektif dan
efisien, misalnya dengan membuat SOP, job description, training and
development system dll.
- Bertanggung jawab penuh dalam proses
rekrutmen karyawan, mulai dari mencari calon karyawan, wawancara hingga
seleksi.
- Melakukan seleksi, promosi,
transfering dan demosi pada karyawan yang dianggap perlu.
- Melakukan kegiatan pembinaan,
pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan
kemampuan, potensi, mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan yang
sesuai dengan standar perusahaan.
- Bertangggung jawab pada hal yang
berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus dan
tunjangan.
- Membuat kontrak kerja karyawan serta
memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja.
- Melakukan tindakan disipliner pada
karyawan yang melanggar peraturan atau kebijakan perusahaan.
Kriteria Seorang HRD (Human Resource Development)
Anda sudah membaca tugas dan tanggung jawab HRD di atas, untuk
menjalankan tugas-tugasnya seorang HRD harus memenuhi beberapa kriteria berikut
ini :
- Memiliki jiwa kepemimpianan yang baik
- Memiliki kemampuan berkomunikasi yang
baik
- Dapat menterjemahkan strategi
perusahaan dalam bentuk kebijakan HR yang tepat.
- Dapat mengelola perubahan-perubahan
yang terjadi di perusahaan secara efektif.
- Seorang HRD harus memiliki business
knowledge yang baik.
- Seorang HRD harus memiliki kemampuan
dapat mempengaruhi dan memahami orang lain.
- Memiliki kemampuan khusus, seperti
dapat mengoperasikan alat tes psikologi, memahami undang-undang
ketenagakerjaan, sistem penggajian dll.
- Memiliki pengetahuan mengenai prosedur
dan proses rekrutmen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar